Senin, 15 Februari 2016

TUGAS EVOLUSI

1. Jelaskan teori evolusi menurut Lamarck, Darwin, weissman dan gunakan gambar yang relevan!

  • Teori evolusi menurut Lamarck 
 J.B.Lamarck mengungkapkan bahwa, makhluk hidup merupakan tingkat-tingkat perkembangan kehidupan, sedang manusia berada dipuncak perkembangan tersebut. Yang artinya bahwa tidak akan muncul lagi makhluk hidup yang lebih tinggi tingkat kesempurnaannya dimasa yang akan datang. Proses perkembangan tersebut menurut lamarck dipengaruhi oleh kebiasaan-kebiasaan yang akan menyebabkan perubahan struktur tubuh (anatomi) dan diwariskan kepada keturunanya. Sebagai akibat pengaruh kebiasaan tersebut. Lamarck menyimpulkan bahwa organ-organ yang digunakan digunakan akan berkembang sedangkan organ yang tidak digunakan akan mengalami kemunduran (use and disuse).

Lamarck memberikan contoh fenomena jerapah sebagai pendukung teorinya. Menurut Lamarck jerapah pda umumnya berleher pendek karena sering digunakan untuk menggapai pucuk dedaunan yang semakin tinggi, maka leher jerapah menjadi panjang. Menggapa jerapah harus menggapai pucuk dedaunan yang tinggi? Lamarck menjelaskan bahwa pucuk dedaunan yang dibagian bawah telah habis dimakan, sehingga untyk mempertahankan hidup jerapah harus menjangkau pucuk dedaunan yang tinggi



  • Teori evolusi menurut Charles Darwin  
teori revolusi darwin dikemukakan diabad ke 19, menolak penciptaan damai oleh Allah tapi muncul akibat adanya proses yang dikendalikan secara penuh oleh peristiwa kebetulan dibukunya "The Origin of Species" tahun 1859. popularitas bukunya lebih karena karena ideologis bukunya, dari pada kebenaran ilmiah Ia menyatakan semua sepesies berasal dari proses yang sama memalui perubahan komulatif sedikit demi sedikit dalam waktu lama. Ia juga menyatakan bahwa evolusi berlangsung karena adanya proses seleksi alam (natural selection). Yang dimaksud seleksi alam adalah proses pemilihan yang dilakukan oleh alam terhadap variasi makhluk hidup didalamnya Hanya makhluk hidup yang memiliki variasi sesuai dengan lingkungan yang bisa bertahan hidup. sedang yang tidak sesuai akan punah organisme yang bisa hidup inilah yang selanjutnya akan mewarisakan sifat-sifat yang sesuai dengan generasi berikutya.

Darwin tidak mampu membuktikan Klaimnya bahkan ia menyadari banyak fakta penting yang dapat menggugurkan faktanya ia mengakui dalam bukunya Darwin tidak mengulas bukunya tentang asal mula makhluk pertama muncul. Sebagai pembanding dengan teori lamarck panjang leher jerapah dapat dijelaskan dengan teori darwin sebagai berikut, Nenek moyang jerapah punya variasi panjang leher, ada yang berleher pendek dan ada yang berleher panjang. Karena terjadi bencana kekeringan, lingkunganpun berubah dan berlangsunglah proses seleksi alam jerapah berleher pendek tidak dapat mencari makan dengan menjangkau dedeaunan dipohon sehingga tidak dapat bertahan hidup, Sebaliknya jerapah berleher panjang tetap dapat memperoleh makankan dari daun daun dipohon sehingga dapat bertahan hudup, karena mampu bertahan hidup maka jerapah tersebut mampu berbiak dan mewariskan sifat adaptif yaitu leher panjang bpada generasi berikut itulah sebabnya semua jerapah semua berleher panjang.


Teori yang dikemukakan Darin sangat dipengaruhi oleh hal hal berikut :
- ekspedisinya kepulauan galapagos (galapos=kura kura raksasa) di tempat ini Darwin menemukan berbagai macam bentuk paruh burung Vinch terjadinya keanekaragaman ini disebabkan oleh perbedaan jenis makananya.
- Pendapat Charles Lyell dalam bukunya "principles of Geology"  yang menyatakan bahwa batuan,pulau, dan benua selalu mengalami perubahan. Menurut Darwin peristiwa ini kemungkinan dapat mempengaruhi makhluk hidup.
- Pendapat Thomas Robert Malthus  dalam bukunnya "An Essay on The Principle of Population" yang menyatakan adanya kencenderungan kenaikan jumlah penduduk lebih cepat dari pada kenaikan produksi pangan. Hal ini menurut Darwin menimbulkan terjadinya suatu persaingan untuk kelangsungan hidup.

  • Teori evolusi menurut weissman
weissman berpendapat bahwa evolusi menyangkut masalah bagaimana pewarisan gen-gen mealuli sel-sel kelamin dengan kata lain evolusi adalah gejala seleksi alam terhadap faktor-faktor genetika. Sifat leher panjang atau pendek pada jerapah dikendalikan oleh gen. Gen sifat leher panjang bersifat dominan, Jerapah yang berleher pendek adalah turunakan yang bersifat homozigot resesif, karena jerapah yang berleher pendek tidak mampu beradaptasi dengan lingkungannya maka akan punah. Berarti yang tersingkir adalah sifat sifat resesif. Karena jerapah yang berleher pendek adalah homozigot resesif dan selalu tersingkir/ punah.

Konstibusi utamanya adalah teori plasma nutfa, yang menurut teori ini, pewarisan ada organisme mutiseluler hanya terjadi melalu sel nutfa  seperti sel telur dan sel sperma. Sel sel lainnya pada tubuh (sel somatik) tidak berfungsi sebagai agen pewarisan, akibatnya adalah Sel nutfa yang memproduksi sel somatik tidak dipengaruhi oleh kemampuan baru apapun yang sel somatik dapatkan selama hidupnya. Informasi genetik tidak dapat diwarisakan memaluli plasma soma ke plasma nutfah ataupun dari genarsi kegenerasi. Ini disebut sebagai sawar weissman

Gagasan mengenai sawar weissmn ini berperan penting dalam sintesis evolusi moderen. Menurur Weissman, proses mutasi acak yang terjadi pada gamet merupakan satu satunya sumber perubahan pada makhluk hidup yang diseleksi oleh seleksi alam. Gagasan Weissman ini muncul sebelum karya Gregol Mendel dditemukan kembali.


Ia membuktikan pendapatnya dengan mengawinkan 2 tikus yang dipotong ekornya sampai generasi ke 21, semua anak tikus yang dilahirkan dari keturunan 2 tikus tadi berekor panjang. Weissman berkesimpulan :
- Ia membuktikan pendapatnya dengan mengawinkan 2 tikus yang dipotong ekornya, sampai generasi ke 21, semua anak tikus yang dilahirkan dari keturunan 2 tikus tadi berekor panjang. Perubahan sel tubuh karena pengaruh lingkungan tidak akan diwariskan ke generasi berikutnya. Hal ini membuktikan bahwa teori evolusi Lamarck tidak benar.
- Evolusi berkenaan dengan pewarisan gen gen memalui sel gamet.

2. Sebutkan 5 hewan yang tidak berevolusi dengan gambar yang relevan

a. Coelacanths

b. Paus Goblin

c. Belangkas


d. Udang tadpole

e. Platypus paruh bebek


3. Sebutkan 5 contoh fosil manusia dengan keterangan nama fosil, tempat ditemukan, kapasitas otak dan kebudayaannya !

a.      Pithecanthropus Erectus
·         Ditemukan oleh Eugene Dubois di Trinil pada tahun 1891. 
·         Volume otak berkisar antara 900 cc.
Hasil kebudayaan :
·         Kapak perimbas
·         Kapak penetak
·         Kapak gengam
·         Pahat gengam
·         Alat serpih
·         Alat-alat tulang
  
b.      Meganthropus Paleojavanicus
·         Ditemukan oleh Von Koenigswald di Sangiran, lembah Bengawan Solo pada tahun 1936-941.
·         Volume Otak
·         Memiliki tulang pipi yang tebal
·         Memiliki otot kunyah yang kuat
·         Memiliki tonjolan kening yang mencolok
·         Memiliki tonjolan belakang yang tajam
·         Tidak memiliki dagu
·         Memiliki perawakan yang tegap
·         Memakan jenis tumbuhan
 c.Pithecanthropus mojokertensis
Ditemukan oleh Von Koeningswald pada tahun 1936 di Mojokerto, Jawa Timur Fosil yang ditemukan hanya berupa tulang tengkorak anak-anak. Volume otak sekitar 750-1.300cc. Hasil budaya manusia purba pithecanthropus Erectus : kapak perimbas, kapak penetak, kapak gengam, pahat gengam, alat sepih,
alat-alat tulang.

d.      Homo Soliensis
·         Ditemukan oleh Ter Haar, Oppenoorth dan Von Koenigswald di Ngandong, Blora, di Sangiran dan Sambung Macan, Sragen
·        
olume otaknya antara 1000 – 1200 cc
·         Tinggi badan antara 130 – 210 cm
·         Otot tengkuk mengalami penyusutan
·         Muka tidak menonjol ke depan
·         Berdiri tegak dan berjalan lebih sempurna
Hasil kebudayaan
·         Kapak gengam / Kapak perimbas
·         Alat serpih
·         Alat-alat tulang
·         Alat-alat zaman dahulu


e.       Homo Wajakensis
·         Ditemukan oleh Van Riestchoten pada tahun 1889 di desa Wajak, Tulungagung. Fosil ini kemudian diteliti oleh Eugene Dubois.
·         Volume otaknya mencapai 1300 cc
Fosil Homo Wajakensis mempunyai tinggi badan sekitar 130—210 cm, dengan berat badan antara 30-150 kg. Volume otaknya mencapai 1300 cc Manusia purba jenis ini hidup antara 40.000 —25.000 tahun yang lalu, pada lapisan Pleistosen Atas. Apabila dibandingkan jenis sebelu mnya, Homo Wajakensis menunjukkan kemajuan.
Makanannya sudah dimasak walaupun masih sangat sederhana. Tengkorak Homo Wajakensis memiliki banyak persamaan dengan tengkorak penduduk asli Australia, Aborigin. Oleh karena itu, Eugene Dubois menduga bahwa Homo WajakensIs termasuk dalam ras Australoide, bernenek moyang Homo Soloensis dan menurunkan bangsa Aborigin. Fosil Homo Wajakensis juga memiliki kesamaan dengan fosil manusia Niah di Serawak Malaysia, manusia Tabon di Palawan, Filipina, dan fosil-fosil Australoid dari Cina Selatan, dan Australia Selatan.


4. buatlah tiga perbedaan teori evolusi Darwin dengan Harun Yahya dalam hal jenis fosil, pola evolusi, dan dukungan ahli!

a.      Charles Darwin
·         Darwin menjelaskan bahwa evolusi makhluk hidup terjadi melalui mutasi dan seleksi alam. Setiap makhluk hidup bersaing dalam lingkungannya untuk tetap hidup dan melestarikan populasinya. Di sisi lain, teori tersebut menunjukan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya, yang saya nilai menjadi sisi imajinatif yang ditawarkan oleh Darwin sendiri.
·         Darwin pula menyimpulkan bahwa manusia modern berevolusi dari sejenis makhluk hidup mirip kera, yang dijelaskan berawal dari speciesPilopithecus yang berevolusi hingga menjadi  Homo Sapiens.
·         Teori Darwin memberi perspektif imajinatif terhadap asal-usul manusia. Darwinmenyimpulkan bahwa manusia dan kera berhubungan sebagai suatu keturunan yang sama dari satu spesies. Tetapi, teori evolusi manusia Darwin menurut kami kurang sesuai dengan pemahaman agama yang jelas menyebutkan bahwa manusia adalah satu spesies utuh dari awal penciptaannya. Tidak mungkin ada hubungan kekerabatan yang terjalin antara dua spesies; manusia dan kera.
·         Teori Charles Darwin mengungkapkan bahwa keanekaragaman hayati bisa saja terbentuk karena hasil adaptasi terhadap lingkungannya. Perbedaan antar ras manusia mungkin terjadi sebagai bentuk adaptasi manusia terhadap lingkungannya. Seperti perbedaan warna kulit, postur tubuh, dan hal lainnya bisa terbentuk dari adaptasi tersebut.
b.      Harun Yahya  
·         Harun Yahya menjelaskan bahwa setiap makhluk hidup telah didesain sedemikian rupa oleh Sang Desainer, yaitu Sang Pencipta. Setiap jenis makhluk yang telah diciptakan tidak bisa berubah, tidak berkerabat satu sama lain, dan diturunkan dari leluhur yang sama. Jelas menyanggah teori Darwin mengenai seleksi alam yang dapat menimbulkan suatu spesies baru.
·         Manusia hanya berasal dari satu keturunan yaitu Adam dan Hawa. Bukan berasal dari kera. Dan makhluk-makhluk mirip kera lainnya. Hal ini ditunjukkan melalui perbedaan struktur tulang dan otot dari berbagai temuan yang dijelaskan Harun Yahya. Meskipun teorinya bersifat kreasionis.
·         Harun Yahya memandang bahwa Darwinisme sebagai terorisme. Hal ini terlihat dari beberapa tulisannya yang berusaha mematahkan teori-teori Darwin melalui fakta-fakta penciptaan yang ditulis dalam bukunya. Teori Darwin menurutnya memberikan pemikiranv materialistis terhadap alam semesta. Juga berusaha memberikan suatu pandangan bahwa alam ini tidak hanya bersifat materiil tetapi juga memiliki sisi spiritual yang harus diilhami oleh setiap umat beragama.
·         Harun Yahya menyimpulkan bahwa makhluk hidup terbentuk melalui proses evolusi dimana makhluk hidup yang berbeda tak muncul ke muka bumi dengan jalan berevolusi. Sebaliknya, by design dari rancangan Tuhan secara nyata dibuktikan dengan munculnya spesies makhluk 

 


1 komentar:

TUGAS EVOLUSI

1. Jelaskan teori evolusi menurut Lamarck, Darwin, weissman dan gunakan gambar yang relevan! Teori evolusi menurut Lamarck   J.B.La...