Minggu, 15 November 2015

RANGKUMAN MATERI BIOLOGI "EVOLUSI"

EVOLUSI


A.  Pendahuluan

Evolusi adalah perubahan struktur tubuh makhluk hidup yang berlangsung secara berlahan-lahan dalam waktu yang sangat lama.


B.  Pencetus Teori Evolusi

Pendapat para tokoh tentang teori evolusi
1.Teori evolusi Anaximander (500 SM0. Anaximander juga merupakan seorang filosof yang berasal dari Yunani. Ia berpendapat bahwa manusia berawal dari makhluk akuatik mirip ikan dan mengalami proses evolusi.
     2. Teori evolusi Empedoclas (495-435 SM). Empedoclas adalah seorang filosof Yunani. Ia mengemukakan teori bahwa kehidupan berasal dari lumpur hitam yang mendapat sinar dari matahari dan berubah menjadi makhluk hidup.
3.Teori evolusi Erasmus Darwin (1731-1802). Erasmus Darwin adalah kakek dari Charles Robert Darwin, seorang tokoh evolusi berkebangsaan Inggris. Teorinya adalah bahwa evolusi terjadi karena bagian fungsional terhadap stimulasi adalah diwariskan.
     4. George Cuvier (1769-1832)
Menyatakan bahwa pada setiap masa di ciptakan makhluk hidup berbeda.

  • Beberapa tokoh pencetus teori evolusi adalah :
a.      LAMARCK
Jean Baptiste Lamarck (1774-1829) adalah seorang ahli biologi dari Perancis yang membuat suatu teori mengenai makhluk hidup yang sederhana dengan yang modern mamiliki suatu hubungan asal-muasal.
Lamarck berpendapat bahwa perubahan yang terjadi pada organ hewan disebabkan karena beradaptasi dengan perubahan dialam.
Lamarck memberikan contoh pada leher yang panjang pada Jerapah. Menurut Lamarck pada mulanya semua jerapah berleher pendek, namun karena sering digunakan untuk untuk menjangkau daun-daun muda dipohon yang tinggi, lama kelamaan leher jerapah memanjang. Pemanjangan leher ini lalu diturunkan pada keturunannya.
            b.      CHARLES ROBERT DARWIN
Charles Robert Darwin (1809-1882) yang dikenal sebagai Bapak Teori Evolusi lahir di daerah Inggris bagian barat. Teori Evolusi Darwin tidak muncul begitu saja, namun berdasarkan hasil perjalanannya dengan kapal Beagle ke kepulauan Galapagos .
Charles Darwin mengemukakan teori evolusinya secara lengkap dalam buku yang berjudul On The Origin of Species by Means of Natural Selection (Asal mula spesies yang terjadi melalui seleksi alam) yang diterbitkan pada 24 November 1859. Dalam buku ini dikemukakan dua teori pokok, yaitu:
1.      Spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies-spesies yang hidup di masa silam.
2.      Evolusi terjadi melalui seleksi alam.C.      AUGUST WEISMANN (1934 – 1914)
Weismann berpendapat bahwa sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan dalam penurunannya, melainkan berdasarkan pada prinsip genetika.

C.  Faktor Yang Mempengaruhi Evolusi
                                               
Hukum Hardy – Weinberg. Hukum ini menyatakan ferekuensi alel atau gen dalam populasi dapat stabil dan berada dalam keseimbangan dari generasi kegenerasi berikutnya dengan syarat :
¨       Jumlah populasi besar
¨       Perkawinan secara acak atau random
¨       Tidak ada mutasi maju atau balik
¨       Tidak ada seleksi
¨       Tidak ada migran

Frekuensi gen adalah perbandingan antara suatu gen atau genotip dengan gen atau genotip lainnya didalam suatu populasi. Ferekuensi gen dalam suatu populasi sering terjadi perubahan keseimbangan atau  
tidak setrabil.

hal tersebut dipengaruhi faktor faktor sebagai berikut:

  • Perkawinan tak acak
perkawinan umumnya dipengaruhi faktor pilihan misalnya ayam betina lebih memilih ayam jantan yang berbulu merah dan panjang dan manusia cendrung mengembang biakan hewan atau tanaman yang menguntungkan.
  • Individu imigran
akan membawa alel yang baru  maupun sebaliknya individuyang  emigran akan membawa alel keluar.pergerakan  alel ini antar populasi akan disebut arus gen.

  • Hanyutan Genetika
Hanyutan genetik ini dapat menyebabkan perubahan atau ketidak setabilan ferekuensi gen dalam populasi.

  • Seleksi alam
Suatu organisme yang dapat beradaptasi dengan lingkungannya jika memiliki penotip yang sesuai dengan lingkunagannya.

  • Rekombinasi dan seleksi
Bagian terpenting dalam mekanisme evolusi adalah rekombinasi gen dapat berlangsung melalui perkawinan  

D. Jenis Evolusi

1. Berdasarkan arah nya
            a. Progresif-> individu bertahan hidup
            b. Evolusi regresif ->individu mengalami kepunahan
2. Berdasarkan skala perubahan
A. Makroevokusi -> perubahan pada fenotif organisme
B. Mikroevolusi -> perubahan pada frekuensi gen

3. Berdasarkan hasil akhir
A. Evolusi divergen -> perubahan berasal dari satu spesies menjadi banyak spesies
B. Evolusi konfergen -> perubahan di dasar kan pada adanya kesamaan struktur antara dua organ pada garis sama dan nenek moyang yang sama.

E. Bukti Evolusi

1. Variasi individu dalam satu keturunan
2. Penyebaran geografis
3. Penemuan fosil
4. Homologi organ
5. Perbandingan embriologi
6. Perbandingan biokimia 


2 komentar:

TUGAS EVOLUSI

1. Jelaskan teori evolusi menurut Lamarck, Darwin, weissman dan gunakan gambar yang relevan! Teori evolusi menurut Lamarck   J.B.La...